BYE 10kg! HAP HAP SEMANGAT!

Yihaaa~ masih semangat diet? Masih dong! :D Walaupun mami dan pacar udah kenceng nyetop karena udah kurus banget (katanya), tapi aku tetep mengejar 45kg target akhir dietku ^^ semangats! It means, 10kg harus dibasmi dari badanku sejak pertama kali diet. Alhamdulillah pagi tadi terakhir aku nimbang 46kg, yessss 1kg left! :D Finally, akhir-akhir ini adalah masa sulit buat nurunin berat badan, sepertinya aku memasuki fase plato dimana berat badan berhenti turun. Tapi dengan semangat dan kerja keras akhirnya aku bisa melewati fase itu hwahahaha #devil'slaugh

Taddaa! Foto before-after lagi nih, ini perubahan badanku selama 2 bulan. 

Yuk kita bahas dulu tentang fase plato, Fase Plato adalah fase dimana pelaku diet tiba-tiba tidak mengalami penurunan berat badan lagi. Fase ini adalah salah satu fase yang sering dialami oleh para pelaku diet. Pelaku diet dapat saja dengan cepat mengalami penurunan berat badan di awal masa-masa diet tetapi kemudian tidak mengalami penurunan lagi. Hal ini disebabkan karena perubahan kebutuhan kalori di saat berat badan seeorang mengalami penurunan. Karena berat badan seseorang menurun, BMR orang tersebut ikut berubah sehinggal prosi makanan dietnya menjadi tidak tepat lagi. Fase Plato dapat diatasi dengan memperbanyak aktivitas atau mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi tetapi dengan tetap menjaga nilai gizi (wikipedia).


Nah fase ini bener-bener bikin aku stres berat, karena udah menjaga asupan pun berat tetep aja sama. Akhirnya aku menemukan cara dan akhirnya berat badanku turun lagi! :D yey! Bagi tipsnya dong, oke deh ;)



  • Menambah aktivitas fisik
Yang disarankan untuk dilakukan dalam fase ini adalah dengan menambah aktivitas fisik, caraku adalah dengan menambah intensitas aerobik dan pembentukan massa otot. Biasanya aku ikut kelas aerobik yg biasa di gym, sekarang aku ikutan kelas crazy aerobik-nya hihi seru banget deh, untung deh aku nggak lemot soal ngapalin gerakan :p Kalo pembentukan massa otot, tetep dengan latihan beban, pilates, dan power step. Jangan heran deh kalo badan jadi kenceng dan say no to lemak bergelambir ;D asik!
  • Menambah intensitas makan
Waktu diet ketat kemaren aku bener-bener yang ngepress buat menjaga banget asupan makannya. Kadang cuma makan sekali sehari tapi diimbangi asupan lain seperti buah. Nah sekarang aku makannya 'ajeg' alias sering. Hampir tiap 2 jam sekali makan. Tapi bukan makan biasa ya, contohnya nih misal jam 12 makan roti gandum, jam 2 makan sayur + daging, jam 4 makan buah, trus terakhir jam 7 makan sayur + daging. Yang penting tetep terjaga aja nutrisinya
  • Nggak makan = berat badan nggak turun

  • Saya bukan geloggongan
Banyak aku nemuin orang diet yang minum banyaaakkk banget air putih, emang sih air putih bagus untuk pembakaran kalori, tapi kalo kebanyakan? Bukannya sauna juga manfaatnya untuk membuang kadar air berlebih dalam tubuh? Jadi kalo kebanyakan air juga nggak bagus kan ya :)
  • Rutin ke WC
Nah ini dia masalah terbesarnya, kalo asupan makan sedikit kan bikin jarang ke wc tuh, padahal disaranin buang air besar minimal sehari sekali. Dan perut itu rasanya luang baget kan ya hehe. Kalo asupan yang masuk dan yang keluar seimbang itu akan menjadikan berat badan turun, jadi harus diperhatikan ya asupan makan berseratnya, pilih buah pepaya bagus tuh biar rutin ke WC
  • Jangan nimbang setiap hari!

  • Belajar dari pengalaman sehingga kamu bisa tau diet yang gimana yang cocok
Jadi intinya jangan langsung stres dan putus asa dulu kalo memasuki fase ini, tuh udah disebutin kan tadi kalo setiap orang diet pasti mengalami fase ini. Kalo pacar ya, dia pake metode naikin berat badan dulu 1-2kg abis itu di turunin lagi, and it works! Kalo aku nggak tega deh mau naikin lagi hihi jadinya ya ini dikencengin aktivitas fisiknya. Yang penting tetep niat yang kuat dan semangat! Don't give up :* baju-baju baru dengan size S-M menanti :D yippieee~

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer