SEMANGAT DIET! (special FOOD for DIET part 1)

Alohaaa balik lagi ;D Seperti yang uda aku janjiin di postingan sebelumnya, kali ini aku bakal share makanan dan minuman apa aja sih yang boleh buat diet, atau lebih spesifiknya apa yang selalu aku konsumsi selama diet ini. Aku yakin pasti udah pada browsing kan, banyak loh di internet yang uda kasih referensi tentang apa aja yang boleh dikonsumsi saat diet, tapi yang bisa aku simpulin sih kebanyakan ribet dan sebagian juga mahal. Dan mungkin akan ada kesamaan, tapi pure loh postingan ini dari pengalaman aku pribadi :D yuk cekidot ya ^^ 

First, ini rules yang paling harus diperhatikan saat diet ya, harus diingat dan kalo bisa jangan sampai dilanggar, yang semangat diet mana suaranyaaaa :D 

  • Nasi 

Beras putih diganti dengan beras merah, jadi selama diet ini kita cuma makan nasi merah aja, say no to white rice ya. Rasanya emang nggak seenak nasi putih, tapi manfaatnya bagus banget buat dikonsumsi saat diet. Makan nasi merah bagus dilakukan saat tahap awal diet, dimana tubuh masih perlu adaptasi dengan waktu dan pola makan baru. Setelah tahap ini dirasa cukup dan tubuh sudah bisa beradaptasi, makan nasi bisa dihilangkan sepenuhnya. Terdapat 215 kalori dalam nasi merah ini, dengan rincian: 7% lemak, 83% karbohidrat, dan 10% protein. 

  • ROTI

Sering nggak sarapan pakai roti? Atau roti tawar dengan bermacam-macam selai yang yummy banget. Kebanyakan orang juga mengkonsumsi roti setiap harinya. Selama diet, kita boleh juga kok mengkonsumsi roti. Eits, tapi bukan sembarang roti, yang diperbolehin cuma Roti Gandum ya :D Kenapa roti biasa nggak boleh? Yang jelas bikin gendut. Kalo aku sih konsumsi roti gandum setiap hari, sebagai pengganti sarapan jam 12. Aku pilih roti gandum produksi Sari Roti, bisa langsung dimakan atau dikasih selai. Tapi selainya juga bukan sembarang selai, selai yang diperbolehin cuma selai kacang.

  • OATMEAL

Sebelum diet ini, aku sama sekali nggak ngerti tentang oatmeal, ngerasainnya pun juga belom pernah. Setelah browsing sana-sini akhirnya aku beli oatmeal produksi Quacker Oat. Oatmeal ini bisa buat pengganti makan pokok, bahkan ada diet yang cuma makan oatmeal doang. Yang ribet dan membingungkan adalah cara membuatnya, aku masih kesulitan untuk mencari campurannya. Oatmeal ini rasanya hambar, selera sih mau dibikin manis dengan buah-buahan atau asin dengan sayur-sayuran. Kalo aku lebih suka manis, aku campur dengan pisang dan madu. Lebih variasi lagi, aku kasih buah-buahan kering seperti raspberry, almond, cherry, kismis, dll dengan porsi nggak berlebih tentunya.

  • SUGAR

Gula biasa aku ganti sama gula diet, aku pilih gula Tropicana Slim yang classic. Siap-siap bawa gula ini di dompet/ tas kamu ya!

  • TELUR

Telur adalah sumber protein yang tinggi, saat diet emang diharapkan tinggi protein dan rendah lemak. Makanya kita tetep disaranin untuk mengkonsumsi telur, tapi hilangkan kuning telurnya ya saat dikonsumsi.
  • DADA AYAM REBUS

Satu-satunya daging ayam yang boleh dikonsumsi saat diet adalah bagian dada, sebelumnya harus direbus dulu ya. Selain agar matang, saat direbus lemak-lemak dalam daging akan luruh. Selain itu hindari bagian kulitnya.


Nah, itu semua menu pokok aku saat diet. Tinggal dikombinasi aja dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan lain bakal aku posting later ya, soalnya kalo makan begini doang kan pasti bosen kan ya.


Second, the other rules yang harus diperhatiin adalah:
  • Hindari makanan asin, ini sangat ampuh buat menurunkan berat badan secara cepat
  • Hindari makanan dengan kadar gula yang tinggi, seperti permen
  • Hindari makanan yang digoreng. It's a big no! Pilih makanan yang direbus atau dipanggang
  • Perbanyak sayuran dan buah
  • Minum minimal 2 liter air putih sehari

Aku menggabungkan diet OCD ala Deddy, diet mamah dulu, dan diet yang aku browsing di internet. Alhamdulillah sejauh ini fine dan lancar semua :) banyak banget godaan yang muncul, paling kuat dateng pas jajan diluar. Arrrgh, aku harus bawa bekal sendiri atau pilih menu yang khusus untuk diet. Ntar ya aku posting makanan lain yang aku konsumsi saat diet dan contoh jadwal makan aku setiap harinya, ini udah jam 14.00 saatnya aku makan siang :D menu siang ini? Gado-gado! Yummyyyy ^^


To be continued...

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer