SEMANGAT DIET! (Diet part 2)

Haiii, sebelum ini aku udah pernah bikin post tentang diet, tepatnya diet yang aku jalanin di bangku SMA, ketika job menuntutku untuk menjadi kurus. Setelah aku meninggalkan dunia model, aku menemukan dunia baru yaitu kuliner. Pacarku suka membawa aku makan dimana-mana haha dan itulah awal badanku melembung -_-" Lalu beberapa waktu kemaren aku kembali ke dunia model, itulah awal aku merasa dunia runtuh setelah aku sadar aku jadi GENDUT! Emang sih, kemaren" aku nggak berani nimbang badan, gals, percaya deh nggak nimbang badan itu bikin kita nggak sadar kalo gendut. Agak minder waktu fashion show, karena badanku nggak sekurus model lainnya hiks belom lagi makeup artis-nya yang bilang, "ya ampun kamu cantik banget loh, mirip indo, coba deh kurusin dikit, wuuh bakalan lebih deh kamu" Gubrak! Okey kalo pernyataan itu nggak begitu ngedown-in aku, karena aku mikir gapapalah penting cantik wkwk Nah ini, penyemangat nomer 1ku untuk menjadi kurus, Calon Mertuaku! Yap, waktu itu sowan (mengunjungi) rumah pacar, waktu lagi salaman, "Novita, sekarang tambh gemuk ya?" *ngiiiing kepalaku berputar seketika, untung nggak pingsan huhuhu langsung deh aku semangat 45 untuk menjalani diet, olah raga, atau apalah yang penting aku harus kurus titik!



  • OCD ala Deddy Corbuzier
Ini pelarian pertamaku diwaktu gamang pengen harus kurus hihi tau metode ini dari calon adik ipar yang udah ngejalaninnya dan aku dapet file pdfnya dari dia, dari itu aku coba browsing, baru tau kalo si deddy punya badan sekekar itu wkkwk sebelumnya sama sekali deh nggak tau tentang deddy itu, dan sekarang metode OCD uda booming sekali. Aku ikutin metode OCD, sampai sekarang loh, aku mulai makan jam 12 dan berakhir jam 9. Ini aku buat langkah awal menuju kehidupanku sebagai "orang yang obsesive pengen kurus", apalagi aku punya penyakit magh yang bener" selalu kambuh, jadi ini bagus banget buat melatih lambung biar nggak kaget. Hmmm tapi setelah beberapa hari, aku mulai nggak percaya sama metode OCD ini, masa iya cuma mengatur jam makan bisa kurus? Masa iya makan segala makanan bisa kurus? Metode ini jangan" efektif buat cowo aja yang pengen kekar? Duh rasanya pengen ketemu langsung deh sama si Deddy dan wawancarain dia hehehe. Akhirnya aku ubah metode dietku, tapi aku tetep pakai OCD ini cuma sebagai patokan waktu makan. Sekarang aku makan mulai jam 12 dan berakhir jam 7 (kecuali satnight berakhir jam 8 wkwk teteuuup).

  • OLAH RAGA
Diet tanpa olah raga bagaikan sayur tanpa garam kurang enak kurang sedap, ya kan? Banyak sih artikel di internet yang memberi tips diet tanpa olah raga, hmmm menurutku sangat nggak worth it! Aku memulai olah raga dengan fitness, seperti jaman diet dulu, aku fitness di Sunan Hotel, sebulannya 250ribu. Bener" eksklusif dan free swimming. Selama fitnes itu aku ada personal trainer yang ngajarin gerakan" pembakar kalori, dan ternyata gerakannya hampir sama dengan gerakan di OCDnya Deddy. Setelah 3mingguan fitness aku mulai bosen, soalnya pas fitnes itu aku dikit banget ngeluarin keringatnya! Akhirnya fitness aku stop, sekarang beralih ke aerobik, aku saranin kalo cewek emang aerobik aja, soalnya bagus banget kan buat ngebentuk badan. Selain aerobik, aku ikut kelas lain seperti Yoga, Pilates, Belly Dance, Power Step, Body Combat, dan Yoga. Tempatnya di Body and Mind (Apotek Padma) sebulan 150ribu. Dan akhirnya aku menemukan olah raga yang worth it di aku, fyuuuh

  • PENYAKIT MAGH
Seperti yang aku singgung sebelumnya, aku merupakan penderita magh aktif, yah dikit" kambuh, dikit" sakit perut atau nggak pusing. Awal diet, dan awal olah raga, maghku kambuh super dahsyat, nggak pernah deh aku ngalamin kambuh yang seperti ini. Pulang fitness kepalaku pusing banget, bener" pusing sampai di tidurin aja tetep berputar, dan paling parahnya adalah aku sampa muntah". Lama bangeeet aku nggak pernah muntah, sampai" aku mikir nggak mau diet lagi, hampir mati rasanya. Tapi setelah di reka ulang, ternyata aku terakhir makan nasi jam 3 sore, nggak makan lagi sampe jam 12 esok harinya, terus jam 12 itu aku makan mie! nah looo pantesan -_-" semenjak itu aku rutin beberapa kali minum obat magh sebelum tidur, alhamdulillah sekarang uda nggak kambuh lagi walaupun nggak minum obat, asiiiik!

  • MAKANAN & MINUMAN
Nah ini komponen penting yang sangat aku atur agar dietku berhasil, maaf ya mas Deddy aku nggak ngikutin saran mas yang bilang boleh makan segala makanan, karena banyaknya pantangan dan aku pilih" banget, aku post di postingan selanjutnya yah :) Oya, pantangan" ini aku adaptasi dari dietnya mamah dulu, beliau ikut program diet yang diinjak kakinya biar nggak lapar, 3 minggu turun 10kg, tapi sekarang udah balik lagi sih wkwk karena emang nggak dijaga, dan yang punya klinik diet itu dipenjara karena nginjek orang sampai meninggal, hiii atuuutt!

  • NO DRUGS!
Diet aku kali ini sama sekali nggak pakai obat'an, teh herbal, krim penghilang lemak dll. Pertama, karena harganya mahal dan nggak yakin berhasil. Kedua, dipikir" nakutin juga ya kalo misal ada efek sampingnya. Soalnya denger" kalau minum teh" begituan bisa bikin mandul hiii. Jadi aku pilih cara" alami saja :)



Ini foto before-after, beforenya diambil beberapa hari sebelum diet, dan afternya diambil beberapa hari lalu.


Sebenernya nggak ada niatan bikin foto before-after kaya begini, tapi setelah aku upload foto yang sekarang, banyak temen" yang nanyain, kamu kurusan ya? Banyak yang bilang kurus sekarang, ada juga yang bilang kok cepet kurusnya hehe mereka nggak tau aja sih kalo selama ini aku mati'an diet, karena emang aku nggak suka gembar-gembor, takut gagal hihi

Bisa diliat perbedaannya ya, ini ada foto" yang lebih keliatan -_-" malu sebenernya tapi tak apalah hehehe


Before:


aaak gendut kaaan :( harusnya di sensor nih hiks 


After: 


Before itu waktu berat badanku 54,8 kg - 55 kg-an, timbangannya nggak tentu sih, waktu cek di fitnesan pas cek kadar lemak dll sih normal cenderung obesitas wkwk OMG, akhirnya di target turun 5kg dulu, jadi 50. Itu udah normal. Setelah berhasil, diet diperketat untuk menurunkan lagi, nggak tau ya aku ketagihan diet nih, pengennya sampai 45 wkwk tapi ya senormalnya aja lah, pacar juga nggak setuju aku kekurusan.
Di foto after, sekarang ini berat aku 48,... smpe 49 kg, jadi masih on proses juga semoga bisa sampai target 45 hihi
Oya diet ini aku tempuh baru 1,5bulan. 1bulan diet biasa nggak begitu ketat, 2 minggu (sampai hari ini) aku ketatin dengan nggak makan nasi, karena waktu sampai di 50 kg, kan beratnya udah ideal tuh, jadi susaaah bangeett buat turun lagi hiks makanya aku ketatin makannya dan olah raganya :)

Apresiasi yang paling kena saat diet adalah adanya pengakuan dari orang lain yang menyatakan kita lebih kurus, selain itu baju kedodoran, size lebih kecil, juga mejadi apresiasi kalau diet kita berhasil :D mamah yang selalu memuji, iyalah kalo bukan mamah siapa lagi kan hihi. Pacar juga kaget banget, nggak ketemu aku beberapa waktu, pas pulang dari Jakarta, "Sayang, kok bisa sih sampai kurus begitu?" asiiik :) seneng banget dapet dukungan diet dari orang" tersayang, mamah juga yang udah nyiapin menu" dietku, kecup dan peluk untuk mereka semua :*


To be continued ...

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. aku juga pengen kurus dong sis!! tp susah banget. jangankan turun 5 kg, turun 1 kg aja udah untung.. gimana ya!!

    BalasHapus
  3. say gimana cara pengaturan makan nya n menu nya apa ajah?

    BalasHapus
  4. sudah turun 3kg 2 minggu an lebih diet tpi mau turun lagi 9kg susah.... mohon bantuan nya y cantik :*

    BalasHapus
  5. pengen gitu ya punya badan ideal dan seksi :3

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer